Minggu, 19 Juni 2011

Mengenal Wang Zi-Ping, tionghoa muslim

Founder of Ching Long Jian and Quan Shr Er Shr Fa Pendiri Ching Jian Long dan Quan Fa SHR SHR E.


Wong Fei Hung,
Ada beberapa posting yang menganggap Wong Fei Hung adalah Jagoan Kungfu Muslim, menurut saya artikel/postingan tersebut adalah HOAX (berita bohong), yang benar jagoan Kung Fu Muslim Adalah Wang Zi Ping, karena kedua Marganya hampir sama ..

Wang Zi-Ping

Grandmaster Wang Zi-Ping was a Chinese-Muslim practitioner of Chinese Martial Arts
Born : 1881 , Changzhou, Hebei, China
Died : 1973 (aged 91–92), Due to illness
Founder of Ching Long Jian and Quan Shr Er Shr Fa
Wang Zi-Ping (1881-1973) adalah seorang China-Muslim praktisi Seni Bela Diri China dan obat tradisional dari Changzhou , Propinsi Hebei (sekitar 180 km di utara Beijing) . Ia menjabat sebagai pemimpin dari Shaolin Kung Fu divisi Seni Bela Diri pada tahun 1928 dan juga Wakil Ketua Asosiasi Wushu China. Wang dikenal karena penguasaannya atas Cha Quan, Hua Quan, Pao Chuan , Bajiquan , dan Tai Chi Chuan .

Di awal hidupnya, Wang adalah anggota kelompok revolusioner bawah tanah yang dikenal sebagai "The Righteous and Harmonious Fists" selama Pemberontakan Boxer[1898 -- 1901]. Hal ini diyakini timbul dari kenyataan bahwa Zi Ping pernah tinggal sebagian besar hidupnya di bawah kekuasaan kolonial Eropa. Pemberontakan Boxer ini sama sekali bukan pemberontakan anti pemerintah Qing. Justru mereka mendukung pemerintah Qing dalam menghadapi kekuatan kolonial barat yang makin menguasai China. Slogan mereka adalah "dukung Qing, hancurkan orang asing".

Setelah pemberontakan ditumpas maka Wang Ziping melarikan diri ke Jinan di Provinsi Shandong. Di sana ia bertemu dengan Yang Hongxiu, juga seorang pelarian, seorang grandmaster Wushu. Kemudian Wang Ziping belajar banyak dari Yang Hongxiu, salah satunya seni Cha Quan.

Kemudian perlahan-lahan Wang Ziping membangun reputasinya. Wang mengembangkan "Quan Sdr Er Shr" (Dua puluh Jurus) serta "Ching Long Jian" (Pedang Naga Hijau).

Dia digantikan oleh putrinya Ju-Rong Wang dan cucu-nya Grace Wu, Xiaoping wu dan Helen Wu, yang kemudian menjadi ahli bela diri yang terkenal di China.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar